KESEPAKATAN BERSAMA ANTARA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KAMPAR DAN PT. INDOMARCO PRISMATAMA TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN USAHA MIKRO KECIL (UMK) KABUPATEN KAMPAR

BERBAGI

Penjabat Bupati Kampar Tandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) Sekaligus Membuka Pelatihan Wirausahaan Mandiri UMKM

Penjabat (PJ) Bupati Kampar Muhammad Firdaus.SE.MM dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) Indomaret sekaligus membuka pelatihan Wirausahaan Mandiri UMKM di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar Bangkinang Kota, Selasa (19/8).

Turut hadir dalam acara ini diantaranya Kepala Dinas DM-PTSP Ir. Zuliah Dharma, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Nur Azman.S.Sos.M.Si, Kepala Bagian Kerja Sama Zaki, Kepala Bagian Hukum Khairuman , Kepala Bidang Perekonomian Zamhur, manager PT Indo Marco Cabang Pekanbaru Budiono dan seluruh mengikuti pelatihan.

Dalam hal ini Penjabat (PJ) Bupati Kampar Muhammad Firdaus.SE.MM menyampaikan UMKM merupakan salah satu pilar kekuatan ekonomi nasional. peran umkm saat ini begitu fundamental bahkan sangat strategis serta relevan dengan tantangan yang dihadapi dalam era globalisasi saat ini.

Selaras dengan hal tersebut Pemkab Kampar melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Kampar terus melakukan pembinaan dan mendorong pertumbuhan UMKM di Kabupaten Kampar.

Pemerintah akan terus hadir dan berkomitmen dalam membina umkm melalui berbagai kebijakan, seperti peningkatan daya saing, peningkatan kualitas dan digitalisasi produk, pendampingan, inovasi dan teknologi, memfasilitasi bantuan permodalan dan berbagai program kegiatan lainnya.

Kebijakan Pemerintah terutama diselenggarakan sebagai upaya untuk menciptakan iklim dan kondisi yang menguntungkan untuk pelaku usaha di kabupaten kampar ini, gagasan, nilai, kesempatan dan kesadaran berusaha perlu terus dipupuk untuk memenuhi kepentingan ekonomi dan sosial serta memberikan kesempatan usaha yang seluas luasnya kepada pelaku usaha di Kabupaten Kampar.

Jumlah UMKM di Kabupaten Kampar secara quantitas cukup banyak yakni 18.581 lebih. namun perlu kita sadari apakah quantitas yang ada sudah berbanding lurus dengan qualitas jika dilihat dari aspek kemandirian, penguasaan teknologi, daya saing dan kemampuan lainnya.

Disatu sisi kita bangga dengan pencapaian yang telah kita lakukan. umkm terus bertumbuh dan mampu menjadi penopang perekonomian di tengah pemulihan ekonomi nasional saat ini.

Meskipun pelaku UMKM ini telah menunjukkan perannya dalam perekonomian dan tumbuh sangat pesat, namun masih menghadapi hambatan dan kendala. sebagai usaha yang ruang lingkup usaha dan anggotanya terbatas yang merupakan rakyat kecil dengan modal terbatas, umkm sangat kesulitan dalam memperoleh peluang pasar yang lebih luas.

Tahun-tahun terakhir telah menyadarkan kita bahwa saat ini kita berada pada era dimana digitalisasi dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat.
Disadari benar bahwa UMKM kita harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal. harus mampu untuk beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis.

Pelaku usaha diminta agar menyiapkan diri untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya, untuk itu UMKM sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan Platform E-comerce, aplikasi retail online, pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis, berkolaborasi dengan pihak ketiga dan lainnya termasuk adanya komitmen tertulis bagi perusahaan market dan toko modern yang membuka usahanya di Kabupaten Kampar.

Peluang UMKM untuk tetap berperan dalam perekonomian nasional dan internasional terbuka lebar asal UMKM dapat berbenah diri menjadi salah satu pelaku ekonomi (badan usaha) yang kompetitif dibandingkan pelaku ekonomi lainnya.

“Saya Bupati Kampar memberikan apresiasi sekaligus mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang dibuat dan diambil oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kampar yang melakukan kerjsama dengan PT. Indomarco Pristama sehingga kolaborasi ini diharapkan mampu menggerakkan pelaku umkm menjadi kekuatan ekonomi rakyat, berkontribusi dalam pembangunan dan dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kampar” ucap Firdaus                   Sumber (prot-dokpim)

BERBAGI